by

Wapres JK sambut baik pergantian Taufik Kurniawan sebagai pimpinan DPR

-POLITIK-88 views

Liputanviral – Wakil Presiden Jusuf Kalla sambut baik pergantian Taufik Kurniawan sebagai wakil ketua DPR. Pergantian tersebut karena Taufik diduga terima duit patgulipat anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) Kabupaten Kebumen.

“Tidak mungkin dia aktif sebagai wakil ketua. Dia masih di dalam tahanan. Kasihan juga orang baik,” kata JK di kantor Wapres, Jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (6/11).

Sebelumnya, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) hingga kini belum menerima pengganti Taufik Kurniawan sebagai wakil ketua DPR. Taufik resmi ditahan KPK karena diduga terima duit patgulipat anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) Kabupaten Kebumen.

Wakil Ketua DPR Agus Hermanto menuturkan, pihaknya juga belum menerima surat dari Partai Amanat Nasional (PAN) untuk nama yang akan menggantikan posisi Taufik.

“Sampai saat ini tidak ada,” ujar Agus di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (6/11).

Seperti diketahui, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menetapkan Wakil Ketua DPR dari Fraksi Partai Amanat Nasional Taufik Kurniawan (TK) sebagai tersangka tindak pidana korupsi terkait dengan DAK untuk Kabupaten Kebumen.

Taufik Kurniawan yang juga Wakil Ketua DPR RI periode 2014 s.d. 2019 diduga menerima hadiah atau janji, padahal diketahui atau patut diduga bahwa hadiah atau janji tersebut diberikan untuk menggerakan agar melakukan atau tidak melakukan sesuatu dalam jabatannya.

“Karena telah melakukan atau tidak melakukan sesuatu dalam jabatannya yang bertentangan dengan kewajibannya terkait dengan perolehan anggaran DAK fisik pada perubahan APBN 2016,” kata Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan saat konferensi pers di Gedung KPK RI, Jakarta, Selasa (30/10).

Pada hari Jumat (2/11), KPK resmi menahan Taufik setelah melakukan pemeriksaan dalam statusnya sebagai tersangka.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed