by

Tinggal Dekat Jalan Raya buat Anak Berisiko IQ Rendah

-HEALTH-36 views

LiputanVIral – Tinggal di dekat jalan raya sering kali menimbulkan rasa khawatir karena tak aman bagi keselamatan anak. Namun, bukan itu saja, penelitian terbaru mengungkapkan anak-anak yang tinggal di dekat jalan raya lebih mungkin mengalami keterlambatan perkembangan.

Studi anyar yang dipublikasikan di Environmental Research ini menemukan anak-anak yang tinggal di dekat jalan raya memiliki IQ nonverbal, IQ verbal, dan kemampuan motorik visual yang lebih rendah dibandingkan dengan teman sebayanya yang tinggal jauh dari jalan raya.

Anak yang tinggal di dekat jalan raya juga lebih mungkin dua kali lipat mendapatkan skor yang lebih rendah pada keterampilan komunikasi dibandingkan anak-anak yang tinggal jauh dari jalan raya. Dekat dengan jalan raya didefinisikan berjarak kurang dari 500 meter.

“Kami menemukan bahwa tinggal lebih dekat ke jalan raya dikaitkan dengan hampir dua kali risiko keterlambatan komunikasi pada saat bayi berusia 3 tahun,” kata pemimpin penelitian dari University of California, Sandie Ha, mengutip LiputanViral.

Polusi udara disebut jadi dalang keterlambatan perkembangan pada anak yang tinggal di dekat jalan raya. Tinggal di dekat dengan jalan raya dikaitkan dengan tingginya polusi udara.

Peneliti menemukan, paparan polusi udara berkonsentrasi tinggi, terutama ozon, selama kehamilan serta masa awal kehidupan anak terkait dengan risiko keterlambatan perkembangan.

Hasil studi ini didapat setelah peneliti melakukan analisis terhadap 5 ribu anak yang menjalani skrining dan evaluasi lima bidang perkembangan secara berulang. Lima bidang itu meliputi keterampilan motorik halus, keterampilan motorik besar, komunikasi, fungsi sosial pribadi, dan kemampuan memecahkan masalah.

Di Amerika Serikat, diperkirakan 30-45 persen anak yang tinggal di kota-kota besar hidup berjarak kurang dari 500 meter dari jalan raya.

Comment

Leave a Reply

News Feed