by

Tak Hanya untuk kesehatan Mata, Ini Khasiat Lain dari Wortel

-HEALTH-107 views

Liputanviral – Wortel diketahui mengandung beta-karoten yang saat dikonsumsi akan diubah tubuh menjadi vitamin A dalam bentuk retinol.

Retinol ini bisa ditemukan dalam sel-sel mata yang disebut sel batang. Sel inilah yang akan mengonversikan cahaya menjadi gambar dalam otak sehingga Anda bisa melihat dalam cahaya lemah.

Meski bermanfaat untuk kesehatan mata, nyatanya wortel juga memiliki manfaat lain. Bagi Anda yang tidak terbiasa mengonsumsi wortel dengan dikunyah, Anda bisa mencobanya dengan cara di jus.

Berikut ini beberapa manfaat jus wortel untuk kesehatan:

1. Membantu meningkatkan kekebalan tubuh

Jus wortel mengandung vitamin C yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh. “Tubuh kita tidak bisa mensintesis vitamin C sendiri, jadi kita harus mendapatkan nutrisi dari makanan atau suplemen,” jelas ,” kata ahli nutrisi, Amy Gorin, MS, RDN, seperti dilansir laman Prevention, Kamis (10/1).

2. Membantu memperkuat penglihatan

Wortel mengandung vitamin A, yang bukan hanya antioksidan kuat, tetapi juga salah satu nutrisi terpenting bagi mata. Kekurangan vitamin A bisa menyebabkan rabun senja dan bintik-bintik bitot — penumpukan keratin pada konjungtiva mata.

3. Pilihan camilan sehat

Saat Anda lapar, salah satu hal pertama yang mungkin ingin Anda lakukan adalah membeli sekantong keripik atau permen. Minum segelas jus wortel bisa membantu mengurangi rasa lapar Anda. Secangkir jus wortel mengandung sejumlah protein yang mengejutkan — lebih dari dua gram dan mengandung sekitar dua gram serat. Kedua nutrisi ini membantu Anda kenyang lebih lama.

4. Bisa meningkatkan penampilan kulit

Jus wortel bisa membantu menyembuhkan luka lebih cepat. Selain kandungan vitamin A dan vitamin C, jus wortel juga kaya akan antioksidan yang bisa membantu mencegah kerusakan sel di dalam tubuh.

5. Membantu mengontrol tekanan darah

Minum segelas jus wortel bisa menjadi cara mudah untuk mengatasi tekanan darah tinggi Anda.

6. Membantu mengurangi kembung

Jus wortel bisa membantu mengurangi kembung dalam dua cara berbeda, yakni dengan mengurangi jumlah gas perut Anda dan membantu Anda buang air kecil lebih teratur.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed