by

Soal Sampah di Pantai Belitung, Wisatawan Diminta Sadar Diri

-TRAVEL-82 views

Liputanviral Salah satu sumber sampah di pantai-pantai Belitung adalah berasal dari wisatawan. Maka itu, wisatawan diminta sadar diri untuk menjaga kebersihan.

Baru-baru, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyoroti sampah di pantai Belitung lewat Instagram pribadinya. Jumlahnya cukup banyak, terutama botol plastik minuman di pinggiran pantai.

Susi terlihat geram pada wisatawan yang asal buang sampah sembarangan. Dia pun meminta Pemda Belitung untuk menangani masalah sampah di pantainya.

Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie mengaku sudah melakukan langkah-langkah pencegahan dan pembersihan sampah. Namun selain itu, dia juga meminta wisatawan yang datang berlibur ke Belitung untuk sadar diri dan menjaga kebersihan.

“Wisatawan juga harus menyadari, kalau alam ini rusak nanti mereka tidak bisa menikmati lagi,” kata Isyak, Rabu (6/2/2019).

Isyak menjelaskan, salah satu sumber sampah di pantai-pantai Belitung berasal dari wisatawan. Banyaknya bekas botol plastik minuman dan makanan, tentu membuat pemandangan tak sedap dipandang.

“Bayangkan, tahun 2018 kemarin Belitung dikunjungi 460 ribu wisatawan padahal penduduk Belitung hanya 180 ribuan. Kalau satu wisatawan misalnya minum dari botol plastik 2 kali selama main di pantai, dikalikan saja bisa berapa banyak bekas botol plastiknya,” papar Isyak.

Ke depannya, Isyak juga meminta tour guide di Belitung sebagai mentor kebersihan. Tour guide dinilai menjadi garda terdepan untuk mencegah wisatawan buang sampah sembarangan.

“Tour guide harus jadi mentor kebersihan, jadi mereka yang harus mengarahkan supaya wisatawan tidak membuang sampah sembarangan. Kami pun akan memasang plang dilarang buang samph dan menyediakan tempat pembuangan strategis,” tutupnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed