by

Sejarah di Balik Penemuan Cheetos, Ada Peran Militer AS

-FOOD-201 views

Liputanviral – Makanan ringan dalam kemasan menjadi salah satu camilan favorit di waktu senggang karena praktis. Salah satunya camilan itu adalah Cheetos, ya memiliki rasa crunchy dan gurih dari bubuk keju, sehingga membuat makanan ini begitu populer.

Namun siapa sangka Cheetos yang populer hingga saat ini ternyata tercipta karena adanya peran militer Amerika Serikat (AS). Hal ini diungkap oleh Wired beberapa waktu lalu, ketika mereka menerbitkan kutipan dari buku ‘Combat-Ready Kitchen: How the U.S. Military Shapes the Way You Eat’, yang ditulis oleh Anastacia Marx de Salcedo.

Saat Perang Dunia II, militer AS melakukan sebuah penelitian tentang makanan yang bisa terhindar dari kedaluwarsa, tengik dan basi selama perang. Dan ini menjadi ide untuk membuat makanan kemasan dalam paket yang memudahkan bagi tentara.

Salah satu makanan yang menjadi favorit kala itu adalah keju, tidak hanya Amerika tapi beberapa negara dunia. Namun keju diketahui tidak bisa bertahan lama, kualitas keju sendiri akan buruk jika berada dalam musim atau iklim panas. Salah satu langkah pertama dalam menciptakan keju agar bisa lebih tahan lama adalah pengemulsi garam, suatu proses yang menciptakan produk seperti keju yang dapat tahan terhadap panas.

Adapun militer AS kali pertama mengonsumsi keju selama Perang Dunia I, dengan membeli kaleng keju dari Kraft. Tetapi bertahun-tahun kemudian saat Perang Dunia II, militer AS menginginkan cara baru untuk menyimpan dan mengirimkan keju.

Pada awal perang, mereka mulai mempelajari dehidrasi dan kompresi. Mereka kemudian mengurangi banyak air dan volume keju. Dengan begitu, mereka bisa mengirimkan lebih banyak makanan dengan satu pengiriman.

Comment

Leave a Reply

News Feed