by

Rupiah Terus Melemah Sentuh Level Rp 14.315 per USD

-FINANCE-44 views

LiputanViral – Nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (USD) bergerak melemah di perdagangan hari ini, Jumat (15/3). Pagi ini, Rupiah dibuka di level Rp 14.290 per USD atau melemah dibanding penutupan perdagangan sebelumnya di Rp 14.277 per USD.

Mengutip data Bloomberg, Rupiah kemudian terus bergerak melemah usai pembukaan hingga sentuh level Rp 14.315. Namun, Rupiah kembali menguat dan saat ini berada di level Rp 14.295 per USD.

Sebelumnya, Menteri Keuangan periode 2013-2014, Chatib Basri mengakui bahwa kondisi ekonomi saat ini penuh ketidakpastian, salah satunya nilai tukar Rupiah yang melemah dan menguat terhadap dolar Amerika Serikat (AS). Menurutnya, ada 3 hal yang bisa membuat performa rupiah berubah sewaktu-waktu.

“Rupiah bergantung pada tiga hal. Pertama, bagaimana keputusan The Fed naikkan atau pertahankan suku bunga, kedua bagaimana harga minyak dan terakhir yaitu bagaimana dampak trade war,” jelas Chatib di Main Hall BEI, Jakarta, Kamis (14/3).

Dia menjelaskan, jika salah satu atau bahkan ketiga faktor tersebut bergejolak, maka performa rupiah juga bisa berubah drastis. Namun bukan berarti ketiga faktor tersebut selalu berdampak negatif bagi rupiah.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed