by

Rizieq diperiksa di Arab Saudi, tagar Benderaku Hanya Satu trending di Indonesia

-PERISTIWA-141 views

Liputanviral – Pemeriksaan pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Muhammad Rizieq Syihab, karena bendera bertuliskan kalimat tauhid di kediamannya Arab Saudi, direspons oleh publik dalam negeri. Sehari setelah kabar itu tersiar, hastag #BenderakuHanyaSatu menjadi trending topik Indonesia di media sosial Twitter, Rabu (7/11).

Melalui tagar #BenderakuHanyaSatu, pengguna twitter menyerukan bahwa Indonesia hanya memiliki satu bendera yaitu sang saka Merah Putih. Selain Merah Putih, bukan bendera Indonesia.

“Kami terdiri dari berbagai macam suku, ras dan agama yang berbeda, tapi KAMI adalah SATU INDONESIA dengan SATU BENDERA yaitu SANG SAKA MERAH PUTIH #BenderakuHanyaSatu, cuit akun @uchenuteh.

Cuitan-cuitan netizen di Twitter juga banyak yang mengingatkan kembali pada sejarah pembuatan Sang Saka Merah Putih. “Ibu Fatmawati ketika sedang menjahit Bendera Merah Putih yang akhirnya menjadi Bendera Pusaka #BenderakuHanyaSatu,” cuit @SarishaBening sambil mengunggah foto hitam putih bergambar Ibu Negara Fatmawati yang sedang menjahit sang saka Merah Putih.

Cuitan netizen soal sejarah juga banyak yang membicarakan soal Insiden Hotel Yamato Surabaya (sekarang Hotel Majapahit) pada 10 November 1945, yang tiga hari lagi diperingati sebagai Hari Pahlawan. Saat itu, arek-arek Suroboyo merobek bendera Belanda (merah-putih-biru) menjadi Bendera Merah Putih.

“Perjuangan arek-arek Surabaya merobek bendera Belanda. Bukti kecintaan/menghormati kepada Bendera sang saka Merah Putih #BenderakuHanyaSatu,” cuit @Rurouni_Luffy.

Seperti diberitakan, Rizieq sempat diperiksa tim intelijen dan polisi Arab Saudi karena ada bendera mirip ISIS terpasang di kediamannya. Dubes RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel menyatakan Rizieq kemudian dikeluarkan dari tahanan dengan jaminan.

“Pada 6 November 2018 pukul 20.00 waktu Saudi, dengan didampingi oleh staf KJRI, MRS dikeluarkan dari tahanan kepolisian Mekah dengan jaminan,” ujar Maftuh lewat keterangan tertulis.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed