by

Perhatikan, 4 Alasan Membuka Sepatu saat Masuk Rumah

-LIFESTYLE-188 views

Lipuranviral – Sepatu mungkin merupakan salah satu barang paling kotor yang kamu pakai. Setiap hari, sepatu yang kamu pakai menginjak tanah, termasuk kotoran di sekitarnya.

Membawanya masuk dan berlama-lama menginjak lantai rumah justru memberikan risiko, baik dari sisi kesehatan atau pun hal lain.

Melansir empat alasan mengapa kita harus segera melepas sepatu saat berada di dalam rumah.

1. Membawa bakteri dan kotoran

Penelitian dari University of Houston menemukan, 40 persen sepatu terkontaminasi bakteri penyebab diare, clostridium difficile.

Lalu, 70 persen sepatu bot yang dipakai dari luar masih mengandung bakteri eschericia coli, sekali pun sudah dibersihkan.

Artinya, mengenakan sepatu (yang baru saja dipakai di luar) di dalam rumah berisiko menyebarkan bakteri.

Penelitian lain menunjukkan, lebih dari 90 persen bakteri pada sepatu pindah ke lantai rumah. Hal itu lebih buruk jika dipakai di atas karpet.

Selain itu, kotoran juga bisa pindah dari sepatu ke rumah. Ada pun kotoran tersebut berupa partikel-partikel yang tidak kasat mata, salah satunya debu.

2. Menghormati

“Melepas sepatu bukan hanya untuk alasan kebersihan, juga merupakan tanda penghormatan,” kata desainer interior Jenny Nakao Hones.

“Kamu menghormati tuan rumah, lingkungan, dan orang lain yang menggunakan tempat itu.

Dia menambahkan, melepaskan sepatu juga bagian menyamakan kedudukan, di mana kamu dan orang di sekitar sama-sama bertelanjang kaki.

Selain itu, melepas sepatu di pintu memang tindakan fisik yang sederhana. Namun, secara mental, hal tersebut bagian dari transisi meninggalkan energi di luar rumah, ke dalam ruangan yang memiliki suasana berbeda.

3. Menghindari bunyi berisik dan lantai rusak

Sol sepatu dapat menyebabkan lantai menjadi tergores dan kotor. Karena itu, cobalah untuk melepas sepatu dan mengganti dengan sandal atau slipper, sehingga bisa mengurangi risiko lantai rusak.

Lalu, memakai sepatu di rumah juga akan membuat suara-suara bising, terutama jika kamu tinggal di apartemen.

4. Kaki yang lebih sehat

“Tanpa sepatu, kaki bisa bernafas dan bebas bergerak,” kata Hones.

Menggunakan kaki dan merasakan lantai, lanjut Hones, memungkinkan kamu untuk meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas otot.

“Kamu juga bisa merangsang titik-titik tekanan pada telapak kaki.”

“Dalam pengobatan tradisional China, titik-titik tekanan ini terhubung ke organ tubuh, yang berarti juga membantu fungsi organ-organ tersebut,” ujar Hones.

Comment

Leave a Reply

News Feed