by

Pemutakhiran Data Pemilih Daerah Bencana Dimulai Januari 2019

-POLITIK-98 views

Liputanviral – Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan melakukan pemutakhiran Data Pemilih Tetap (DPT) di tiga kabupaten/kota yang terkena bencana pada Januari 2019.

Ketiga daerah yang terkena bencana gempa bumi dan tsunami itu adalah Kota Palu, Kabupaten Donggala, dan Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.

Ketua KPU Arief Budiman mengatakan KPU daerah meminta pemutakhiran data dilakukan pada Januari 2019 lantaran masih menunggu situasi kondusif di tiga lokasi itu.

“Kalau sekarang kita tanya pada warga, warga itu masih sibuk mengurusi recovery dirinya, rumahnya, fasilitasnya bisa marah-marah nanti kalau ditanya soal itu. Jadi kita bisa memahami itu nanti kemungkinan kita mulai bulan Januari,” ucap Arief di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (6/12).

Selain itu, lanjut Arief, KPU juga masih menunggu seluruh kegiatan administrasi di tiga kabupaten untuk normal kembali.

Kendati akan melakukan pemutakhiran pada Januari 2019, Arief mengatakan, KPU akan tetap menetapkan DPT Hasil Perbaikan (DPTHP) pada 15 atau 16 Desember 2018. KPU sudah memiliki jumlah DPT tiga wilayah itu sejak September 2018.

“Kita sudah punya untuk tiga kabupaten, itu sudah kita tetapkan di penetapan DPT yang terdahulu. Kita pakai data itu, cuma belum mutakhirkan karena ada bencana,” ujarnya.

KPU menambah waktu penetapan DPTHP II selama 30 hari tertanggal sejak Kamis (15/11) hingga 15 Desember 2018.

“Untuk melakukan penyempurnaan DPTHP bersama dengan Kemendagri dan jajarannya sampai tingkat kabupaten/kota,” ujar Arief.

KPU Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) sebelumnya telah menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) untuk Pemilu 2019 sebanyak 1.901.556 orang. Jumlah DPT itu tersebar di 13 kabupaten dan kota di Sulteng.

Jumlah pemilih tersebut terdiri dari 967.465 pemilih laki-laki dan 934.091 pemilih perempuan. Mereka tersebar di 2.017 desa/kelurahan pada 175 kecamatan dan 9.170 tempat pemungutan suara.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed