by

Paus 5 meter tanpa sirip ditemukan mati terdampar di Pantai Maratua

-PERISTIWA-21 views

Liputanviral – Paus sepanjang 5 meter terdampar di pantai Pulau Maratua, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, pagi tadi. Bangkai paus tanpa sirip itu diperkirakan sudah mati lebih dulu di lautan, kemudian terdampar di pantai.

Keterangan diperoleh merdeka.com, paus itu ditemukan warga Maratua, saat sedang beraktivitas di sekitar resort. Paus itu sempat dikira batang kayu yang terseret arus laut ke bibir pantai.

“Benar, paus itu ditemukan warga pagi tadi,” kata Kabid Budidaya Perikanan Dinas Perikanan Kabupaten Berau, Yunda Zuliarsih, dikonfirmasi merdeka.com, Selasa (6/11).

Sementara ini, dari dokumentasi yang dikirim staf Dinas Perikanan Berau di Maratua, terlihat paus itu seperti tidak memiliki sirip. Dugaan sementara, juga terdapat bekas potongan sirip.

Yunda lalu meminta pendapat dari komunitas pencinta satwa dan biota laut. Diperkirakan, paus yang mati terdampar itu adalah jenis paus Orca. “Tapi, setelah diperhatikan benar-benar, ada lagi pendapat itu menyerupai hiu paus. Masih perlu diteliti lebih lanjut,” ujar Yunda.

Kondisi bangkai paus itu saat ini sudah menimbulkan bau tidak sedap. “Kondisinya sudah terjadi pembusukan lanjutan,” sebut Yunda.

Sementara sampai siang ini, bangkai paus, masih di bibir pantai, untuk menunggu pasang laut, agar bisa kembali terseret ke lautan. “Sempat tadi laut pasang, jadi staf yang mau mengambil dokumentasi lebih dekat, terkendala. Jadi sementara ini, bangkai paus itu masih ada di pantai,” kata Yunda.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed