by

Pakar LIPI: Pilpres 2019 Bisa Jadi Kuburan Massal Partai Tengah

-POLITIK-68 views

LiputanViral  —  Jakarta, Survei nasional Konsepindo memetakan perolehan suara partai politik pada Pemilu 2019. Hasilnya, PDI Perjuangan dan Gerindra mendominasi pucuk klasemen, sedangkan bagi sebagian partai lainnya berada pada posisi jauh dari dua partai tersebut.

Pakar politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Syamsuddin Haris menilai cukup sulit bagi sejumlah partai papan tengah melewati ambang batas parlemen yang mencapai 4 persen.

“Apalagi empat partai politik baru, kalau menurut hasil survei ini jauh sekali bisa 4 persen. Setengah partai lainnya berpotensi tersingkir dari Senayan, dengan kata lain Pemilu 2019 akan menjadi kuburan massal,” sambung dia,” ujar Syamsuddin saat menjadi pembicara dalam acara rilis survei nasional Konsepindo di Jakarta Pusat, Rabu, 13 Maret 2019.

Dia memprediksi, hanya ada 7 partai yang mampu lolos ambang batas parlemen, termasuk Partai Amanat Nasional (PAN). Sebagai partai papan tengah, PAN yang berdasarkan survei Konsepindo berada di bawah Partai Demokrat dan PKB ini cukup aman.

“PAN relatif aman walau hasil surveinya tak sampai 4 persen karena margin of error masih cukup tinggi,” ucap Syamsuddin.

Hasil Survei Konsepindo

Sebelumnya, survei nasional Konsepindo dihelat 17-24 Februari 2019. Survei dilakukan dengan 1200 responden, menggunakan multistage random sampling.

Tingkat margin of error diketahui kurang lebih 2,9 persen, dengan derajat kepercayaan sebesar 95 persen.

Berikut data survei Konsepindo Research and Consulting terkait partai politik peserta Pemilu 2019:

PDIP: 26 persen

Gerindra: 12,8 persen

Golkar: 9,3 persen

PKB: 6,2 persen

Demokrat: 3,9 persen

PAN: 3,8 persen

Nasdem: 3,2 persen

PKS: 2,8 persen

PPP: 2,2 persen

Hanura: 1,2 persen

Perindo: 1,2 persen

Berkarya: 0,4 persen

PSI: 0,2 persen

Garuda: 0,2 persen

PBB: 0,1 persen

PKPI: 0,1 persen

Tidak tahu/tidak jawab/belum memutuskan 26,4 persen

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed