by

Melihat Avatar di Dunia Nyata

-TRAVEL-57 views

Liputanviral – Film Avatar karya James Cameron begitu berkesan karena menampilkan dunia yang ajaib. Namun suasana macam itu ada di dunia nyata, tepatnya di China.

Di balik ide brilian James Cameron menciptakan dunia Avatar, ada Yuanjiajie Mountain di Provinsi Hunan, China yang disebut-sebut sebagai inspirasi dari dunia Avatar di dalam film.

Dalam Taman Nasional Zhangjiajie yang resmi diakui sebagai UNESCO World Heritage Site ini, terdapat Yuanjiajie Mountain yang di dalamnya terdapat pilar-pilar batu tinggi menjulang, mirip dengan gunung-gunung terbang di film Avatar.

Kemiripan kumpulan pilar-pilar batu di Yuanjiajie Mountain dengan dunia Avatar terlihat semakin sempurna ketika dasarnya ditutup kabut. Sekilas pilar-pilar batu tersebut tampak terbang melayang. Hal itu mengingatkan saya ketika Neytiri terbang bersama Jake menunggangi burung raksasa yang berputar-putar mengelilingi gunung-gunung Avatar yang melayang di angkasa. Sayangnya imajinasi itu hanya ada di dunia film.

Taman Nasional Zhangjiajie sesungguhnya sudah diakui oleh pemerintah China sebagai taman nasional sejak tahun 1982. Tapi namanya justru kalah tersohor dengan Shanghai dan Beijing yang selalu jadi incaran turis yang datang ke negeri Tiongkok. Beruntung berkat film Avatar, kini sudah banyak paket perjalanan wisata dari beberapa agen tur di Indonesia yang menawarkan paket wisata Zhangjiajie. Beruntung pula saya, karena salah satu agen perjalanan mengajak saya untuk menjelajah dunia Avatar di dunia nyata.

Perjalanan menuju Yuanjiajie Mountain tidak serta merta saya lalui begitu saja. Justru saya terlebih dahulu dibuat berdecak kagum dengan menaiki lift outdoor kaca setinggi 330 meter di sisi tebing. Lift kaca ini akan membawa penumpangnya menuju titik teratas tebing hanya dalam waktu kurang lebih 2 menit. Demi keamanan, lift ini tidak bisa diisi terlalu banyak orang, hingga menyebabkan antrean yang harus saya lewati cukup panjang.

Sensasi saat menaiki lift serasa terbang, karena dalam waktu sekejap saja saya sudah sampai di puncak tebing dan siap untuk menuju kawasan Yuanjiajie Mountain. Dari lokasi lift, perjalanan masih cukup panjang menuju Yuanjiajie Mountain. Saya melalui jalan yang diapit oleh pepohonan, mirip seperti sebuah taman kota. Cuaca yang sejuk usai hujan gerimis, menemani saya yang berjalan kaki cukup jauh. Sampai di bagian ujung jalan, banyak tersedia kios-kios penjual makanan. Ini menjadi pemberhentian sebelum menaiki bus yang akan membawa ke dekat pintu masuk Yuanjiajie Mountain atau Avatar Mountain.

Di pintu masuk, saya meilhat banyak sekali manusia berjejajal untuk masuk dan keluar. Rupanya, hanya disediakan jalan kecil persis di pinggir tebing untuk melihat keindahan Avatar Mountain dari atas. Saya terpana dengan betapa uniknya kumpulan pilar-pilar batu yang seperti mencuat dari dalam tanah. Bagian bawahnya tidak terlihat karena ditutupi pepohonan yang sangat padat hingga menyerupai karpet. Sayangnya karena saya datang saat siang hari, sama sekali tidak ada kabut di bagian bawah, jadi tidak tampak kesan pilar-pilar batu melayang seperti yang ada di film Avatar. Tapi menyaksikan fenomena alam yang hanya ada satu di dunia ini saja sudah membuat saya terpesona bahwa ada dunia Avatar di dunia nyata tempat saya berdiri.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed