by

Lakukan ‘Coffee Cupping’ Presiden Jokowi Dukung Usaha Kuliner Kekinian

-FOOD-46 views

Liputanviral – Menghadiri acara Festival Terampil Presiden Jokowi melemparkan semangat bagi para pengusaha muda. Ia juga bergaya seperti seorang barista handal.

Unggahan foto di akun instagram Jokowi terlihat mengenakan apron barista sambil melakukan coffee cupping layaknya seorang barista. Aksi cupping ala Presiden Jokowi ini membuat banyak orang tertarik.

Jokowi terlihat serius menghirup aroma kopi dari beberapa produk kopi lokal. Ia juga mencicip beberapa kopi yang baru saja diseduh. Hal ini biasa dilakukan oleh barista sebelum menentukan kualitas seduhan. Momen ini berlangsung di The Kasablanka Hall, Kota Kasablanka

Dalam kesempatan ini juga Jokowi mengungkapkan kekagumannya pada bisnis kuliner kekinian yang dijalani anak muda. Ayah tiga anak ini bahkan sempat menyinggung bisnis yang dijalani putra bungsunya, Kaesang Pangarep.

“Dulu, saya menganggap remeh bisnis pisang goreng nugget yang dikelola Kaesang. Apa sih ini pisang goreng nugget ini? Kenapa Kaesang tak mau mengurus perusahaan mebel yang saya rintis dari nol?” tulis keterangan foto di akun instagram Jokowi ini.

Dari kalimat ini bisa diartikan kalau Jokowi sempat mengaggap bisnis anaknya ini tak menjanjikan. Tapi hal ini langsung ditepis setelah Kaesang berhasil memiliki puluhan cabang untuk gerai nugget pisang yang dijualnya.

“Saya baru antusias ketika usaha anak bungsu saya ini sudah memiliki 54 cabang. Saya sampai bertanya berapa ongkos produksi dan omzetnya. Ternyata, dihitung-hitung, pabrik saya sendiri sudah kalah oleh Sang Pisang. Bagaimana bisa.” lanjut Jokowi.

Ia juga menyinggung usaha lain yakni es kopi susu di outlet Kopi Tuku. Jokowi mengatakan pemilik usaha kopi ini adalah anak muda tapi usahanya sudah menarik banyak orang.

“Saya juga pernah mampir di outlet Tuku Kopi yang pemiliknya masih sangat muda. Mau masuk saja antre, dan saya pun ikut antre. Ternyata, produk minuman kopi Tuku Kopi yang harganya Rp 18.000 itu memang berkualitas tinggi, tidak kalah dengan merek asing. Saya bilang ke pemiliknya agar buka gerai jangan hanya satu, tapi sebanyak-banyaknya,” beber Jokowi yang punya pengalaman antre saat mampir ke kedai di bilangan Cipete, Jakarta Selatan ini.

Kehadiran Jokowi di event ini juga membakar semangat anak muda untuk jangan takut memulai usaha. Ketika kegagalan menghampiri, maka itu waktu yang tepat untuk belaajar dan bangkit.

“Begitulah. Anak-anak muda sekarang ini memiliki peluang yang besar untuk mengembangkan apapun. Pada Festival Terampil 2019 di The Kasablanka Hall, Jakarta kemarin saya menyampaikan agar mereka jangan gampang mengeluh kalau menghadapi persoalan atau hambatan. Dari masalah dan hambatanlah kita bisa belajar banyak,” pungkas Jokowi.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed