by

Lakukan 5 Cara Ini Untuk Menjadi Turis yang Bertanggung Jawab

-TRAVEL-68 views

Liputanviral – Melepas penat memang paling baik dilakukan dengan berwisata ke suatu tempat. Namun alangkah baiknya kamu tetap menjadi seorang yang bertanggung jawab saat berwisata ke tempat orang karena sikap tanggung jawab akan menguntungkan semua pihak. Berikut 5 cara yang bisa dilakukan agar menjadi turis yang bertanggung jawab, yuk simak!

1. Teliti dalam memilih agen perjalanan

Sebelum kamu memilih agen perjalanan wisata, ada baiknya kamu teliti dalam memilih. Pilihlah agen wisata yang mampu memberdayakan komunitas lokal dan dalam segi penginapan menerapkan konsep ramah lingkungan. Meski hanya sebagai seorang turis kamu tetap harus mempedulikan lingkungan di sekitar tempat wisatamu, bukan?

2. Lebih baik tinggal di homestay

Daripada tinggal di hotel lebih baik kamu tinggal saja di homestay atau tempat penginapan penduduk. Kamu akan lebih mudah berbaur dengan para penduduk lokal dan mendapatkan banyak pengalaman baru.

Selain itu, tinggal di homestay jauh lebih murah daripada tinggal di hotel dan tentunya lebih ramah lingkungan bukan? Apalagi bila kamu ingin tahu lebih banyak soal budaya setempat.

3. Kurangi pemakaian botol plastik selama wisata

Setiap hari konsumsi air mineral makin meningkat namun sayangnya botol plastik dari air mineral tersebut susah diuraikan oleh mikroba. Nah sebagai turis yang bertanggung jawab lebih baik bawalah botol minum yang bisa digunakan kembali untuk mencegah penumpukan sampah akibat botol bekas air mineral.

Kamu tak mau kan kalau tempat wisatamu dipenuhi oleh sampah? Oleh karena itu mulailah kurangi penggunaan botol plastik sekali pakai.

4. Beli cindera mata

Untuk memajukan ekonomi lokal ada baiknya kamu pun membeli cindera mata di tempat wisata yang sedang kamu tuju. Tentunya setiap tempat memiliki cindera mata yang khas dan tentu bisa kamu pilih. Selain itu daripada makan di restoran mewah lebih baik makan di restoran milik warga sekitar saja karena hal kecil yang kamu lakukan bisa memajukan ekonomi di tempat wisata tersebut.

5. Hargai keberadaan masyarakat lokal

Hanya karena kamu tak mengenali warga sekitar tempat wisata bukan berarti kamu bersikap cuek dan masa bodoh. Hargailah warga sekitar dan taati norma yang berlaku di sana. Jangan sampai sikap yang kamu lakukan malah menyinggung mereka karena mereka takkan suka.

Selain itu, alangkah lebih baiknya kamu minta izin jika ingin memotret tempat wisata tersebut karena beberapa tempat wisata ada yang tak memperbolehkan pengunjung memfoto tempat tersebut.

Nah jadilah turis yang bertanggung jawab dan hilangkan sikap masa bodoh ya!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed