by

Jip Tempur untuk Kopassus dan Paskhas Diproduksi di Tangerang

-OTOMOTIF-60 views

Liputanviral – Kendaraan P6 ATAV masih asing terdengar di telinga masyarakat. P6 ATAV (All Terrain Assault Vehicle) adalah kendaraan untuk prajurit Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI Angkatan Darat dan Korps Pasukan Khas (Paskhas) TNI Angkatan Udara.

Selain menjadi kendaraan andalan prajurit Kopassus dan Paskas, kendaraan taktis ini sempat digunakan oleh Presiden Joko Widodo dalam beberapa kesempatan acara.

P6 ATAV diproduksi oleh Sentra Surya Ekajaya (SSE), produsen kendaraan taktis di Tanah Air yang berbasis di Tangerang, Banten.

“Penggunanya masih dari Kopassus dan Paskhas. Sampai sekarang kami sudah produksi 20 unit,” kata Staf Operasional SSE Eko Joko Saputro di Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (7/11).

Ia menjelaskan sebagai kendaraan taktis, P6 ATAV dirancang untuk dikendarai pada segala medan terutama untuk menyusuri jalur ekstrem.

Kendaraan ini dibekali mesin diesel 2.500 cc empat slinder yang dapat memuntahkan tenaga sebesar 142 tenaga kuda dengan transmisi otomatis enam percepatan. Tangki bensin bisa menampung 120 liter yang bisa digunakan untuk menjelajah sejauh 500 kilometer.

Namun, konsumen bisa memilih jantung penggerak yang diinginkan, mau jenis bensin atau diesel sesuai kebutuhan.

“Untuk mesin kami tergantung user, ada yang dari Jepang dan Austria dari Steyr,” katanya.

P6-ATAV punya dimensi lebar dan lebar sekilas mirip jip Humvee yang digunakan angkatan bersenjata Amerika Serikat. Dimensinya memiliki panjang 4,6 m, lebar 2,3 m dan tinggi 1,5 m.

Penghuni kabin dilindungi rangka tubular, sementara bagian samping tidak dilengkapi pintu dan kaca. Guna meningkatkan keamanan prajurit, insinyur melengkapi bagian depan dengan kaca antipeluru.

“Jadi mobil ini bisa dibawa dengan cara ditarik pakai tali sling. Kami sudah buat kaitannya ada empat titik. Lalu mobil ini juga tidak akan rusak kalau ingin didrop langsung dari atas pesawat Hercules,” ucap Program Manager SSE Budhi Murniawan.

Selain itu ada empat sisi yang dapat digunakan sebagai dudukan senapan serbu. Pihaknya menyediakan dudukan persenjataan pada sisi atas, kanan dan kiri. Misalnya di bagian atap senapan serbu dengan peluru kaliber 7,62 mm bisa dipasang di bagian itu.

Mobil tersebut juga sudah menggunakan ban berjenis run flat tire, yang membuat mobil masih bisa bergerak meski kondisi ban kempis. Disinggung soal harga, pihak SSE enggan menyebutkan berapa banderolnya. Dikatakan Budhi, harga yang ditawarkan sangat sesuai jika melihat spesifikasi yang ditawarkan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed