by

Jaga kualitas layanan diler, Mitsubishi gelar kompetisi SDM

-OTOMOTIF-36 views

Liputanviral – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) berupaya menjaga kualitas layanan kepada konsumen dengan menggelar kompetisi sumber daya manusia (SDM) yang diikuti tenaga kerja di diler Mitsubishi Indonesia.

Mengusung tema “Ambition To Reach The Top”, kompetisi itu diharapkan memacu SDM di diler Mitsubishi supaya memberikan pelayanan terbaik kepada semua pelanggan, sejalan dengan tagline Mitsubishi Motors, yaitu “Drive Your Ambition”.

Kontes ini akan diadakan secara rutin tiap tahun, meliputi unsur layanan penjualan, after sales service dan customer satisfaction. Kontes ini diadakan dalam beberapa tahap seleksi selama tahun 2018, dan puncaknya adalah Final National Contest pada 15-16 Januari 2019.

“National Contest untuk tenaga sales, aftersales dan CSO Mitsubishi Motors merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan MMKSI dengan tujuan meningkatkan kualitas layanan dari garda depan diler yang dibangun dengan semangat kompetisi,” kata Director of Sales & Marketing Division MMKSI, Irwan Kuncoro, dalam keterangan tertulisnya, Kamis.

“Dengan kontes ini diharapkan seluruh lini tenaga diler dapat kerja sama, berkompetisi dalam memberikan layanan terbaik dan tingkat kepuasan yang tinggi bagi pelanggan setia produk Mitsubishi Motors di Indonesia,” tambah dia.

National Contest 2018 merupakan kontes pertama yang diadakan oleh PT MMKSI sejak perusahaan ini berdiri — terpisah dari PT KTB — dengan sejumlah kategori, antara lain:

Kategori Sales Appraisal Program (SAP) menjadi agenda tahunan MMKSI guna memotivasi tenaga penjual mulai dari level Sales Force, Sales Supervisor, dan Sales Manager untuk terus meningkatkan kualitas dan kuantitas penjualan, menjamin kepuasan pelanggan dan meningkatkan loyalitas pelanggan Mitsubishi Motors.

Poin-poin yang dievaluasi untuk tenaga penjual meliputi produktivitas penjualan sales force berkat dukungan pengetahuan produk yang baik, dan punya kemampuan komunikasi dalam menjelaskan produk serta memberikan pelayanan yang maksimal kepada seluruh pelanggan Mitsubishi Motors.

Sedangkan pada level Sales Supervisor dan Sales Manager, aspek evaluasi difokuskan pada kepemimpinan di dalam tim, serta pencapaian target penjualan.

After Sales Contest

Pada kategori after sales, kontes juga diadakan tiap tahun dengan tujuan memotivasi tenaga kerja after sales untuk meningkatkan kemampuan dalam pelayanan sehingga kepuasan pelanggan dalam melakukan aktivitas servis dapat tercapai.

Kontes after sales dibagi menjadi tiga kategori, antara lain Technician Contest, Service Advisor Contest, dan Periodical Maintenance Contest.

CSO PDCA Contest

Ini merupakan kontes yang ditujukan kepada Customer Satisfaction Officer (CSO), bertujuan meningkatkan standar pelayanan di diler. Kontes CSO berkonsep Kaizen (PDCA/Plan Do Check Action), yaitu penerapan evaluasi dan perbaikan secara terus-menerus.

CSO bertanggung jawab untuk membuat analisa dan rencana perbaikan di diler berdasarkan feedback dari pelanggan, menjalankan program tersebut, melaporkan dan mengevaluasi hasil perbaikan yang sudah dijalankan.

Tujuan akhir kontes CSO ini adalah memperbaiki Standard Operating Procedure (SOP) di diler sehingga dapat meningkatkan produktifitas yang berujung pada peningkatan kualitas layanan.

Seluruh proses kontes dan penjurian telah dilakukan pada dua hari pelaksanaannya. Nama pemenang telah diumumkan pada akhir sesi kontes dan pemenang pada tiap kategori telah menerima hadiah yang diserahkan secara simbolik oleh manajemen MMKSI.

Pemenang Sales Appraisal Program menerima hadiah berupa piala dan wisata ke Belanda, pemenang After Sales Contest mendapatkan hadiah berupa piala bergilir, medali, dan wisata ke Jepang.

Sedangkan CSO PDCA Contest mendapatkan hadiah berupa piala, wisata ke Jepang, ditambah peralatan pendukung operasional CSO di diler.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed