by

Glycerin, Senyawa Kimia yang Banyak Digunakan pada Kandungan Skincare

-LIFESTYLE-33 views

Liputanviral – Dalam memilih skincare sebagai bagian dari rutinitas kecantikan, perempuan kini sudah lebih sadar dan selektif dalam memilih produk. Banyak perempuan yang sudah memilih skincare yang benar-benar aman digunakan serta terbuat dari kandungan yang memang bermanfaat untuk kulit, salah satunya adalah glycerin.

Glycerin atau gliserol adalah senyawa gliserida (senyawa kimia) yang merupakan komponen yang menyusun berbagai macam lemak. Biasanya, glycerin bisa diperoleh dari proses reaksi hidrolisis asam lemak hewan.

Dituturkan oleh ahli kecantikan dari Mount Sinai Hospital New York, Joshua Zeichner, glycerin umumnya tidak berwarna dan tidak beraroma. Dan dalam dunia kecantikan, glycerin banyak digunakan sebagai kandungan sabun pembersih wajah dan pelembap.

“Glycerin dapat mengurangi minyak pada wajah sekaligus bekerja sebagai humektan yang dapat menjaga kelembapan kulit dengan mengunci air di dalam tubuh,” tutur dermatologis asal Los Angeles, Dr. Anna Guanche, seperti dikutip dari Elle.

Selain itu, glycerin juga merupakan salah satu kandungan skincare yang non-comedogenic. Artinya, jika digunakan secara rutin tidak akan menimbulkan komedo pada wajah. Dr. Anna melanjutkan, kandungan skincare ini aman digunakan untuk seluruh jenis kulit terutama bagi Anda pemilik kulit kering.

“Glycerin dapat menghimpun air dari lapisan kulit terdalam dan dapat memperlambat evaporasi air dari dalam kulit sehingga tidak membuat kulit kering,” kata Erin Gilbert, dermatologis yang berbasis di New York.

Erin mengatakan, kini sudah banyak produk perawatan tubuh yang mengandung glycerin. Anda bisa mencari body lotion atau krim yang mengandung glycerin kemudian oleskan pada tangan dan kaki sebelum tidur. Jika rutin dilakukan, hal itu dapat membantu memudarkan area-area tubuh yang kasar, misalnya pada telapak kaki dan jari kaki.

“Saat membersihkan kulit, memang penting untuk menghapus makeup dan sisa kotoran pada wajah, tetapi penting pula untuk menjaga kesehatan lapisan kulit bagian luar. Maka dari itu, kandungan seperti glycerin dapat menjaga kelembapan dan mencegah kulit iritasi selama proses pembersihan,” lanjutnya lagi.

Ada beberapa produk kecantikan dengan kandungan glycerin yang bekerja efektif. Misalnya, Neutrogena Free Facial Cleanser with Glycerin yang cocok untuk kulit berminyak atau Kiehl’s Cucumber Herbal Cleanser dengan kandungan glycerin dan ekstrak timun untuk kulit sensitif.

Sedangkan untuk pelembabnya, Anda bisa mencoba Cetaphil Fragrance Free Daily Facial Moisturizer untuk kulit kering dan Glossier Priming Moisturizer yang mengandung glycerin serta asam hyaluronat sebagai pelembab sekaligus base makeup.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed