by

Cerita Jokowi Soal Bisnisnya yang Kalah Untung dengan Usaha Anaknya

-PERISTIWA-107 views

Liputanviral Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberikan pengarahan kepada para anak muda yang mengikuti acara Festival Terampil 2019 di Mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan. Dia pun bercerita bagaimana omzet anaknya mengalahkan usaha mabelnya.

Anak pertama Jokowi, Gibran Rakabuming Raka diketahui menjalani usaha katering dan bisnis kuliner martabak. Sementara putra bungsunya, Kaesang Pangarep dengan pisang nugget goreng.

“Seperti anak saya yang gede jualan martabak, silakan. Yang kecil jualan pisang goreng silakan. Pisang nugget goreng. Saya sering diprotes sama anak saya, bukan pisang goreng, tapi pisang goreng nugget. Oke, oke,” tutur Jokowi disambut tawa peserta acara di lokasi, Jakarta, Sabtu (9/2/2019).

Jokowi mendidik anaknya untuk menyadari, dalam memulai sesuatu, termasuk usaha, memang perlu dimulai dari nol. Sebab, pengalaman itu akan membentuk kepribadian dan etos kerja yang lebih matang.

“Bukan dari sudah memiliki. Itu akan mudah dimanjakan dan ditelan gelombang. Gelombang kecil saja ambruk, apalagi gelombang besar,” jelas dia.

Dari situ, para anaknya dinilai mengerti. Pasalnya, saat mereka ditawari untuk mengelola 10 pabrik usaha mabel miliknya, baik Gibran dan Kaesang, menolak.

Terlebih saat Kaesang ogah mengelola pabrik lantaran ternyata punya bisnis sendiri tanpa sepengetahuan Jokowi.

“Dulu saya melihat yang kecil ini (Kaesang) jual apa ini pisang nugget goreng. Maaf saya agak meremehkan awalnya. Tapi setelah anak saya yang kecil ini memiliki 54 cabang, saya tanya. Le, ongkos produksi berapa sih? Untungnya berapa sih? Saya ditunjukin. Omzet, promosi berapa sih? Saya enggak pakai kalkulator hitung sendiri, lho kok pabrik saya yang besar itu kalah sama ini,” kata Jokowi.

Tidak sampai di situ, belum lama Kaesang kembali bikin Jokowi geleng-geleng kepala. Putranya itu mengaku mulai menjalani usaha ternak ikan lele.

“Pak, sekarang saya bisnis lele. Ini apalagi. Itung-itungannya kayak apa, ditunjukin ke saya. Waduh, ini lebih gede lagi. Lele itu kebutuhannya besar, demand-nya besar, supply-nya kurang,” ujar Jokowi.

Tak Mudah, Tapi…

Sementara, putri Jokowi yakni Kahiyang Ayu bersama dengan sang suami, Bobby Nasution juga mulai merintis usaha kedai kopi. Orang nomor satu di Indonesia itu merasa, anak masa kini mudah mendaptkan peluang usaha lewat perkembangan teknologi dan informasi.

“Bobby itu punya dua warung kopi kecil. Belajar barista dua hari,” ungkap Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu kemudian berpesan kepada seluruh generasi muda bangsa agar semangat dan pantang menyerah dalam membangun peluang usaha. Perjalanan bisnis selalu ada proses yang tidak mudah.

“Dengan cara itu saya ingin mndidik anak saya, mencari uang itu tidak mudah, mencari modal tidak mudah, membangun kepercayaan itu juga tidak mudah,” Jokowi menandaskan.

Comment

Leave a Reply

News Feed