by

Cendol Singapura Masuk Daftar Makanan Penutup Terbaik Dunia

-FOOD-79 views

Liputanviral – Tak ada yang lebih nikmat dari makanan penutup atau kudapan yang dinikmati usai makan besar. Rasa manis yang terkadang bercampur asam mampu menghalau rasa pedas, gurih, maupun asin dari menu makanan utama.

CNN merilis 50 makanan penutup terbaik di seluruh dunia. Di antara deretan tersebut, muncul nama cendol sebagai salah satu makanan penutup terbaik. Namun, bukan cendol asal Indonesia yang disebut, tapi Singapura.

Di Singapura, cendol menjadi makanan penutup favorit yang disajikan di sejumlah restoran tepi pantai. Tak cuma itu, cendol juga kerap dijajakan di trotoar-trotoar jalan.

Cendol dibuat dari tepung beras dan diberi pewarna hitau yang diekstrak dari sari daun pandan. Terkadang, sajian itu ditambah pula dengan kacang merah yang telah direbus. Cendol Singapura juga memadukan santan dengan sirup gula aren yang memberinya sentuhan cita rasa karamel.

Melansir, berikut 10 rekomendasi kudapan penutup ikonik lain di seluruh dunia yang patut Anda coba.

1. Tub Tim Krob – Thailand
Tak cuma mango sticky rice, Thailand juga punya makanan penutup lain yang tak boleh dilewatkan. Kudapan itu bernama tub tim krop.

Dalam bahasa Thailand, nama ini berarti batu rubi renyah. Tak heran nama itu tersemat, sebab kudapan itu memiliki aneka warna cerah bak rubi. Warna cerah itu dihasilkan dari pencelupan chestnut ke dalam sirup lalu dibalut tepung tapioka dan direbus.

Santan manis ditambah aroma sedap pandan dan es serut membuat kudapan satu ini mantap disantap saat udara panas Thailand melanda.

2. Kulfi – India
Ingin yang dingin dan manis segar? Anda dapat menyantai kulfi, es krim khas India.

Rasanya yang kaya didapat dari resep tradisional dengan teknik mengaduk selama berjam-jam. Proses ini dimulai dengan memanaskan susu segar dalam api kecil. Rasa manis susu yang alami pun akan tercipta.

3. Dan Tats – Hong Kong
Jika singgah di Hong Kong, jangan lupa untuk mencicipi kudapan ikonik mereka, dan tats.

Kudapan ini berbentuk bulat dengan custard di bagian tengah dengan tekstur renyah dan lembut sempurna. Dan tats paling nikmat disantap beberapa saat baru keluar dari oven.

Banyak yang menyebut bahwa dan tats mirip dengan pastels de nata ala orang Portugis. Tak aneh, karena Portugis pernah menjual kudapan sejenis saat masa penjajahan. Penjajah Portugis menancapkan kakinya di Hong Kong melalui Makau dan menyebarkan kudapan ini ke seluruh daratan China.

4. Cornes de Gazelle – Maroko
Ada banyak jenis kudapan manis khas Maroko. Namun, tak ada yang bisa mengelak lezatnya cornes de gazelle atau sejenis pastry dengan isian. Sajian ini kerap dihidangkan dalam berbagai perayaan dan dianggap sebagai sajian istimewa masyarakat setempat.

Dalam versi klasik, cornes de gazelle dibuat dengan adonan tipis berbentuk lengkungan kemudian diisi dengan almond dan air jeruk. Setelah itu, adonan dipanggang hingga berwarna kuning keemasan. Kudapan ini mempunyai tekstur lembut dan meleleh hingga ke bagian tengah.

Tak hanya Maroko, cornes de gazelle pun menyebar hingga Tunisia dan Algeria.

5. Kashata – Afrika Timur
Sepintas, kashata mengingatkan orang Indonesia akan kudapan manis semacam ‘enting gepuk’ yang terbuat dari gula dan kacang.

Kashata dari Afrika Timur menggunakan bahan seperti gula karamel dengan kacang atau kelapa segar. Kudapan ini memiliki aroma cardamon atau sejenis rempah dengan aroma khas.

6. Pavlova – Australia dan Selandia Baru
Pavlova merupakan cake spon khas Australia dan Selandia Baru. Namanya diambil dari balerina populer dari Rusia, Anna Pavlova. Ia disebut pernah mengunjungi kedua negara sehingga dua negara ini mengklaim nama Pavlova untuk kudapan mereka. Namun pada akhirnya, nama ini pun digunakan di kedua negara.

Bagian luar cake serupa cangkang yang terbuat dari krim kocok menyerupai busa. Saat digigit, Anda akan menemukan rasa manis dan kenyal di bagian dalam.

7. Sour Cherry Pie – Amerika Serikat
Apa yang ada dalam benak kala mendengar pai ceri? Tentu pai tebal dengan ceri di atasnya.

Namun, pai ceri ala AS, utamanya bagian tengah barat, agak berbeda dengan pai ceri pada umumnya. Pie ceri ala AS menggunakan banyak cherry sebagai isian pai.

Namun untuk pai ceri ala Amerika Serikat terutama bagian tengah barat, ini beda jauh. Pie ceri ala Amerika Serikat menggunakan banyak ceri sebagai isian pai. Rasa manis campur asam ceri menyatu dalam mulut sehingga pai ini tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke sana.

8. Alfajores – Amerika Selatan
Berbentuk seperti biskuit, kudapan yang satu ini memiliki tekstur lembut nan renyah dengan lapisan manis mirip karamel.

Alfajores merupakan kudapan andalan orang Amerika Selatan. Lapisan manis pada biskuit terbuat dari kental manis yang dimasak hingga semakin kental dan lembut.

Tak cuma itu, Amerika Selatan juga memiliki versi lain dari alfajores yang dicelupkan pada cokelat cair, dilapisi cokelat putih, atau diberi topping kelapa dan rempah.

9. Sticky Toffee Pudding – Inggris

Dikenal dengan deret penghuni kerajaannya yang kerap mencuri perhatian publik, Inggris juga punya kudapan manis tak terlupakan. Sticky toffee pudding merupakan cake lembut dengan cacahan kurma yang dicelupkan ke dalam saus creamy.

10. Oliebollen – Belanda

Perayaan tahun baru orang belanda tak lepas dari oliebollen. Kudapan berbentuk bola ini memiliki rasa manis dan berisi kismis atau beri. Oliebollen pun dinikmati dengan gula bubuk dan dalam kondisi masih hangat sebelum gula meleleh.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed