by

Bukan Jeruk, Ini 4 Buah yang Mengandung Vitamin C Paling Tinggi

-FOOD-123 views

Liputanviral – Selama ini kita menganggap jeruk adalah sumber vitamin C terbaik. Tapi, ternyata anggapan tersebut salah, lho. Ada beberapa buah yang ternyata kandungan vitamin C-nya lebih banyak daripada jeruk.

Vitamin C sendiri berfungsi untuk pertumbuhan dan perbaikan sel-sel tulang, gigi, kulit dan jaringan lainnya. Selain itu, juga bisa meningkatkan penyerapan zat besi, mengurangi risiko kanker, dan melindungi tubuh dari infeksi.

Nah, berikut deretan buah paling kaya vitamin C, selain jeruk!

1. Jambu Biji

Menurut penelitian, kandungan vitamin C pada jambu biji dinilai paling tinggi, yakni sekitar 200 mg, melebihi jeruk. Selain itu, jambu biji juga kaya serat yang lebih banyak dari jeruk. Adapun kebutuhan serat harian untuk wanita yakni 25 gram dan 38 gram bagi pria.

2. Pepaya

Pepaya mengandung sekitar 94 mg vitamin C. Jumlahnya sedikit lebih tinggi daripada jeruk. Menurut penelitian, mengonsumsi pepaya membantu mencerahkan kulit dan memperkuat tulang. Ini dikarenakan kandungan vitamin C-nya yang tinggi.

Selain vitamin C, pepaya juga mengandung serat, vitamin A, vitamin B kompleks, kalsium, dan kalium. Sehingga, tak heran kalau pepaya bermanfaat besar bagi tubuh.

3. Kiwi

Buah kiwi mengandung vitamin C sebanyak 92,7 mg. Kandungan antioksidannya bisa melawan infeksi dan radikal bebas yang masuk ke tubuh. Kiwi juga kaya vitamin A, E dan K. Bahkan, terdapat mineral dan asam lemak omega 3 yang bisa menurunkan risiko penyakit stroke.

4. Stroberi

Berdasarkan penelitian, setengah gelas (125 ml) stroberi mengandung vitamin C sebanyak 52 mg. Stroberi mengandung asam ellagic dan antosianin yang bisa mencegah kanker, penuaan dini, penyakit syaraf, dan peradangan. Kandungan mineral, zat besi, dan beberapa vitamin lainnya pun sangat kaya.

Nah, kalau bosan dengan jeruk, kamu bisa menggantinya dengan buah-buahan di atas. Manfaatnya gak kalah besar, kok!

Comment

Leave a Reply

News Feed