by

Bukan di Timur Tengah, 5 Padang Pasir Ini Bisa Kamu Temui di Indonesia

-TRAVEL-48 views

LiputanViral – Umumnya, padang pasir biasanya dapat kamu temui di negara-negara yang ada di Timur Tengah. Tapi, tak perlu jauh-jauh ke Timur Tengah, karena kamu juga bisa menemukan deretan padang pasir unik itu di Indonesia.

Meskipun tak seluas Gurun Sahara atau Gurun Gobi, tapi padang pasir di Indonesia ini bisa menjadi pilihan wisata anti-mainstream. Untuk itu, berikut LiputanViral rangkum lima padang pasir ala Timur Tengah yang dapat kamu temukan di Indonesia:

1. Pantai Oetune

Pantai Oetune adalah salah satu pantai unik di Nusa Tenggara Timur yang memiliki hamparan gurun pasir. Tak jauh dari pantai yang terletak di Oebelo, Amanuban Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan, NTT, itu terdapat hamparan padang pasir dengan luas mencapai 100 meter persegi.

Selain keindahan pantainya, wisatawan juga dapat menikmati Pantai Oetune dengan bermain-main di sekitar kawasan gurun pasir. Panorama pasir putih dengan balutan laut birunya semakin menambah keelokan pantai ini.

Untuk menikmati keindahan Pantai Oetune, kamu tidak dikenakan biaya alias gratis. Cukup membayar biaya parkir kendaraan mulai dari Rp 5 ribu hingga Rp 10 ribu, tergantung jenis kendaraan yang kamu gunakan.

2. Gumuk Pasir Parangkusumo

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Kharisma widii (@ris_meas) on

Selain keindahan pantainya, wisatawan juga dapat menikmati Pantai Oetune dengan bermain-main di sekitar kawasan gurun pasir. Panorama pasir putih dengan balutan laut birunya semakin menambah keelokan pantai ini.

Untuk menikmati keindahan Pantai Oetune, kamu tidak dikenakan biaya alias gratis. Cukup membayar biaya parkir kendaraan mulai dari Rp 5 ribu hingga Rp 10 ribu, tergantung jenis kendaraan yang kamu gunakan.

2. Gumuk Pasir Parangkusumo

Dari NTT ke Yogyakarta, kamu juga bisa menemukan padang pasir ala Timur Tengah di Gumuk Pasir Parangkusumo. Destinasi wisata ini berada tak jauh dari Pantai Parangtritis dan Pantai Depok, Bantul, Yogyakarta.

Gundukan pasir yang terletak di Kabupaten Bantul ini jadi salah satu kebanggaan warga Yogyakarta. Hal ini karena gumuk pasir hanya ada segelintir jumlahnya di seluruh dunia.

Keberadaan Gunung Merapi dan Merbabu turut andil dalam pembentukan Gumuk Pasir Parangkusumo. Kabarnya, pasir ini merupakan material vulkanik yang terbawa dan terkikis oleh arus Sungai Progo.

Terlepas dari hal itu, Gumuk Pasir Parangkusumo adalah destinasi wisata wajib bagi wisatawan yang ingin berwisata anti-mainstream, sambil menikmati keindahan padang pasir di Indonesia.

Tak hanya menikmati ombak-ombak pasir yang terhampar, Gumuk Pasir Parangkusumo juga jadi spot favorit wisatawan yang gemar bermain sand boarding. Selain itu, tempat ini dapat kamu jadikan spot foto Instagramable.

Untuk mengunjungi Gumuk Pasir Parangkusumo, kamu hanya perlu membayar biaya parkir sekitar Rp 3 ribu sampai Rp 10 ribu saja. Setelah melakukan pembayaran, kamu bisa ke gumuk pasir yang lokasinya tidak jauh dari loket.

Kemudian bagi kamu yang ingin menjajal sandboarding, di sana juga disewakan papan sandboarding seharga Rp 150 ribu sampai Rp 200 ribu .

3. Gurun Pasir Busung

Selain Yogyakarta dan NTT, kamu juga bisa menemukan hamparan gurun pasir yang indah di Bintan, Kepulauan Riau. Gurun Pasir Busung bisa dibilang adalah salah satu padang pasir unik dari dua padang pasir yang telah disebutkan di atas.

Hal tersebut karena Gurun Pasir Busung merupakan peninggalan dari bekas penambangan bauksit yang saat ini terbengkalai. Sejauh mata memandang, kamu hanya menemui hamparan pasir putih, telaga-telaga air berwarna biru mirip oase, dan matahari yang menyengat.

Gundukan pasir berwarna coklat menjadi magnet paling favorit yang tak boleh dilewatkan saat mengunjungi tempat ini.

Untuk mengunjungi Gurun Pasir Busung, kamu juga tidak perlu bayar tiket masuk. Kamu hanya akan dikenakan tarif parkir kendaraan Rp 2 ribu untuk sepeda motor dan Rp 5 ribu untuk mobil.

4. Pasir Berbisik Bromo

 

View this post on Instagram

 

A post shared by . (@bahrul_clevo) on

Siapa yang tak kenal Gunung Bromo, salah satu destinasi favorit di Jawa Timur yang sudah amat terkenal akan keindahannya. Selain gunung, Bromo juga punya hamparan gurun pasir unik yang dapat kamu temukan di sana.

Pasir Berbisik, itulah sebutan dari lautan pasir yang terkenal di Bromo. Padang pasir ala Timur Tengah ini dapat kamu temukan di kawasan puncak Gunung Bromo.

Hamparan padang pasir ini selalu menjadi salah satu incaran para wisatawan yang berkunjung ke Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Di sini kamu dapat melihat luasnya padang pasir dengan pemandangan di atas ketinggian lebih dari 2000 mdpl. Menarik, bukan?

Apabila ingin ke Pasir Berbisik, kamu dapat menyewa mobil jeep berkisar Rp 500 ribu hingga Rp 700 ribu dengan pengemudinya. Jika ingin naik kuda untuk berkeliling, biayanya berkisar Rp 20 ribu hingga Rp 100 ribu, tergantung jarak dan kondisi. Biasanya beberapa agen perjalanan wisata juga menawarkan paket-paket yang dapat dipilih sesuai keinginan.

5. Gumuk Pasir Sumalu

 

View this post on Instagram

 

A post shared by CEWEK PEJALAN OFFICIAL (@cewekpejalan) on

Terakhir, hamparan padang pasir ala Timur Tengah di Indonesia dapat kamu temukan di Toraja Utara, Sulawesi Selatan. Bisa dibilang gurun pasir ini adalah yang terunik di Indonesia.

Karena biasanya sebuah padang pasir identik berwarna cokelat, di Gumuk Pasir Sumalu kamu dapat menemukan hamparan padang pasir yang berwarna hitam. Unik, bukan?

Gumuk Pasir Sumalu juga memiliki gundukan pasir yang berbukit-bukit dan permukaannya sangat padat. Arah angin yang tak beraturan juga berperan membuat gundukan yang tidak simetri menjadi liuk-liukan yang apik.

Di gumuk pasir ini, kamu dapat menikmati indahnya panorama matahari terbit dan terbenam, sambil duduk di atas gumukan dan menikmati semilir angin yang terasa sejuk.

Ingin kegiatan yang menantang? Cobalah merasakan sensasi berseluncur dari atas gumukan ke bawah yang akan menjadi pengalaman yang terlupakan.

Buatmu yang hobi berfoto, tempat ini juga bisa jadi spot yang Instagramable. Cobalah berfoto di tengah-tengah dengan latar gumukan pasir yang luas.

Bagaimana menurutmu?

Comment

Leave a Reply

News Feed