by

Awas, 7 Makanan Enak Ini Bisa Bikin Bau Kentutmu Lebih Menyengat Lho!

-FOOD-94 views

Liputanviral – Malu gak sih kalau pas kencan tiba-tiba perut mendadak mules dan gak sengaja mengeluarkan gas berbau sampah? Duh!

Biasanya kentut yang tidak berbunyi justru memiliki bau yang lebih busuk daripada yang berbunyi. Kok bisa? Hal ini terjadi karena adanya bakteri pada makanan yang masuk ke usus, dan menyebabkan asam lemak volatil pada usus menyebar.

Kentut bisa berbau tidak sedap dikarenakan salah mengonsumsi makanan. Seperti tujuh makanan ini:

1. Brokoli

Sulit dipercaya, ternyata brokoli yang kita kira merupakan salah satu makanan sehat, rupanya menjadi makanan penyebab kentut bau. Seperti yang kita ketahui, brokoli kaya antioksidan, vitamin, dan serat.

Namun, brokoli juga tinggi senyawa belerang dan raffinose atau zat gula. Nah, senyawa belerang dan raffinose itulah yang dapat menyebabkan kentut berbau busuk.

2. Produk Susu (keju, susu, yogurt)

Buat kamu yang tidak bisa menerima bakteri laktosa yang ada pada produk sapi, seperti keju, susu, dan yogurt, kemungkinan hal itulah penyebab kentutmu sangat bau. Produk susu mengandung sulfur yang tinggi, sehingga dapat menyebabkan perut kembung. Ketika kamu tidak memiliki enzim yang diperlukan untuk mencerna laktosa, dijamin kentutmu akan bau seperti sampah.

3. Daging Sapi

Jangan terkecoh dengan kelezatan daging sapi ya. Pasalnya, daging sapi mengandung metionin, sejenis senyawa belerang yang mengandung asam amino. Kandungan inilah yang menghasilkan gas berbau busuk dari pencernaanmu. Hati-hati yang sering makan all you can eat ya!

4. Bawang

Meskipun sehat, tetapi bawang juga memiliki tingkat kandungan fruktan yang tinggi. Hal ini bisa memicu perut kembung, masalah pada usus besar, dan menghasilkan kentut bau. Gak cuma itu, konsumsi bawang yang berlebihan juga dapat menyebabkan bau mulut dan bau badan yang tidak sedap. Pernah merasakan, gak?

5. Kubis

Siapa nih yang suka makan lalapan, terutama kol goreng? Biasanya kol dihidangkan saat makan pecel ayam. Sayangnya, kubis masuk dalam kategori makanan penyebab kentut bau, lho. Sebab, kubis mengandung raffinose atau zat gula dan kandungan sulfur yang tinggi.

6. Kembang Kol

Sama seperti brokoli, kembang kol juga termasuk salah satu makanan yang sehat. Kembang kol juga mengandung zat gula atau raffinose yang bisa menjadi makanan bagi bakteri yang ada di usus besar. Gak heran kalau kembang kol jadi penyebab kentut bau tidak sedap.

7. Kacang-kacangan

Siapa nih yang suka ngemil kacang? Sebaiknya kurang-kurangi, deh, apalagi kalau mau kencan. Kacang-kacangan rupanya bisa menyebabkan kentutmu berbau nyengat. Kacang-kacangan mengandung protein dan serat.

Hal itu menyebabkan masa cerna jadi lebih lama. Artinya kandungan di dalam kacang-kacangan akan tinggal lama dalam saluran percernaan, lalu dibuang sebagai gas kentut yang bau.

Nah, sekarang sudah tahu kan makanan-makanan yang bisa membuat bau kentutmu menyengat? Kamu jadi bisa antisipasi dulu ketika akan kencan atau menghadiri acara-acara penting. Jangan lupa, perbanyak minum air putih juga ya!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed