by

Asal Tahu Triknya, Wonton Bisa Dibuat Beragam Variasi

-FOOD-43 views

Liputanviral – Wonton atau pangsit jadi sajian China yang paling disukai. Kalau sudah tahu triknya, wonton enak ternyata bisa dibuat sendiri ddengan banyak varian.

Resep kedua yang dibagikan rahasia pembuatannya oleh Chef Yvonne adalah wonton. Wanita cantik dan ramping yang lahir di Shanghai ini mengatakan wonton yang diolahnya kali ini menggunakan resep keluarga dari sang nenek.

“Saya akan mendemokan cara membuat wonton. Bagi keluarga kami, ini adalah makanan tradisi. Jadi kali ini saya menggunakan resep dari nenek saya,” kata Chef Yvonne sebelum memulai memasak, mengenang memori indah bersama sang nenak.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat wonton tidaklah sulit dan semuanya bisa didapatkan di swalayan atau pasar. Beberapa bahan yang dibutuhkan antara lain kulit wonton atau kulit pangsit, sawi, selada air dan daging ayam cincang.

Sementara bumbu yang dipergunakan ada jahe cincang, kecap asin, minyak wijen, garam, gula dan lada. Saat semua bumbu sudah siap, Chef Yvonne langsung meraciknya. Semua bahan isi dicampur dan diaduk hingga rata. Ia bahkan mengaduk menggunakan tangannya langsung untuk memastikan bahan tercampur dengan rata.

Saat sudah tercampur, isian ini bisa langsung dimasukkan dalam kulit wonton. Meski terkesan mudah, ternyata banyak peserta yang merasa masih bingung cara melipat pangsit ala China ini.

Setelah mencontohkan, Chef Yvonne mengajak peserta untuk menjajal langsung cara mengisi dan melipatnya. “Isiannya tidak perlu terlalu banyak kalau takut pecah. Isi secukupnya lalu lipat,” kata Chef Yvonne.

Peserta pun antusias mencoba membuat wonton ini. Untuk merekatkan kulitnya, Chef Yvonne mengandalkan air dan putih telur. “Tidak apa-apa kalau belum sempurna. Setiap orang memiliki bentuk wonton masing-masing, tidak ada yang jelek,” puji wanita ini saat melihat wonton hasil buatan peserta.

Setelah wonton siap, saatnya memasak. Wonton ini dimasak dalam air mendidih hingga matang. Tanda wonton matang yakni saat sudah mengambang di permukaan air.

Wonton pun siap disajikan dengan kuah dari hasil rebusan yang ditambah sedikit minyak wijen. Harumnya semerbak, apalagi ditambah taburan daun bawang iris. Chef Yvonne membuat dua jenis olahan wonton. Satu lagi diolah dengan cara digoreng dengan sedikit air, hasilnya seperti gyoza.

Untuk membuatnya, wonton harus dimasak di atas wajan datar dengan sedikit minyak. Saat bagian dasarnya sudah kecokelatan, kemudian dituang air. Proses memasak dilanjutkan terus sampai airnya habis.

Uniknya, meski diguyur air, wonton ini punya tekstur yang renyah pada bagian luarnya. “Ini tidak perlu dibalik, tapi kalau mau renyah di kedua bagiannya, boleh wontonnya dibalik. Jadi dua sisi renyah,” ujar Chef Yvonne.

Tak lupa, ia juga membuat saus cocolan untuk wonton ini. Bahannya simpel, hanya kecap asin, minyak wijen dan bawang putih cincang. Nyam! peserta pun langsung menikmati wonton hangat-hangat.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed