by

7 Wisata Sarat Petualangan di Australia Barat

-TRAVEL-45 views

LiputanViral — Wisata petualangan sangat cocok dilakukan di destinasi wisata beriklim sub tropis semacam Australia Barat. Bagi yang berencana berkunjung ke Australia Barat, berikut sejumlah wisata petualangan yang bisa dilakukan:

1. Tur Segway

Turis bisa menumpang segway untuk berkeliling Perth. Pemesanannya bisa dilakukan di kawasan Elizabeth Quay, tepatnya di sebelah Tower Bell.

Ada beberapa paket naik segway yang bisa dipilih, tergantung lokasi dan waktu jelajah.

Pertama City Riverside Tour dengan rute keliling Perth, terutama area bisnis dan sisi Sungai Swan, dengan tiket seharga AUD 79 (sekitar Rp 800 ribu). Paket ini bisa berdurasi selama satu jam.

Kedua East Foreshore and City Tour yang memiliki rute di wilayah timur. Di kawasan ini turis bisa menatap ikon Perth. Harga tiketnya AUD 115 (sekitar Rp 1,2 juta) dengan durasi satu jam.

Ketiga Kings Park Tour dengan rute mengelilingi taman kota terbesar di dunia, yang dimulai dari Barrack Street Jetty, Elizabeth Quay. Perjalanan bersama pemandu wisata ini dihargai AUD 115 (sekitar Rp 1,2 juta) dengan durasi satu jam.

Sebagai catatan, tur ini memiliki jadwal khusus. Riverside Tour 09.00-10:00, Kings Park Tour 10.30-12.00, Riverside Tour 12.30-13.30 dan 16.00-17.00, serta East Tour 14.00-15.30.

2. Naik Balon Udara

Balon udara juga bisa ditumpangi untuk menatap alam Australia Barat dari ketinggian.

Paket wisata balon udara salah satunya disediakan Adrenaline Experiences dengan penerbangan di Taman Nasional Avon Valley, Perth.

Jika memilih paket Hot Air Ballooning – Perth, Weekend maka harga tiketnya sebesar AUD 350 (sekitar Rp3,5 juta) per orang.

Sementara paket Hot Air Ballooning – Perth, Midweek seharga AUD 300 (sekitar Rp3 juta) per orang.

Seluruh paket sudah termasuk konsumsi dan peralatan keamanan.

Penerbangan balon udara berlangsung selama 45-60 menit. Penumpang wajib menaati semua peraturan yang ditetapkan pemandu dan pilot serta mengenakan pakaian kasual tahan dingin dan angin.

3. Terjun Skydiving

Kegiatan Skydiving mengajak turis terjun dari pesawat yang terbang di ketinggian 14 ribu kaki di langit Perth. Biaya per orangnya sebesar AUD 279 (sekitar Rp 2,8 juta).

Sejumlah syarat yang wajib ditaati turis ialah; berumur 12 tahun ke atas dan berat badan kurang dari 95 kilogram. Jika berat badan lebih terkena biaya tambahan sebesar AUD 50 (sekitar Rp500 ribu) per orang, dan jika lebih dari 105 kilogram dikenai biaya tambahan sebesar AUD 75 (sekitar Rp760 ribu) per orang.

Kalau ingin mengabadikan momen saat terjun, tersedia paket dokumentasi yang dijual terpisah.

4. Kanguru sampai Gurun

Gurun Pinnacles juga menjadi destinasi wisata petualangan yang seru. Di sini turis bisa menjelajahi gurun sambil memberi makan kanguru dan koala.

Petualangan dimulai dari penjemputan di Perth dengan perjalanan dari pukul 08.00 sampai 19.30.

Petualangan ini berkelompok dengan menggunakan bus 4WD berbiaya AUD 215 (sekitar Rp2,1 juta) per orang sudah termasuk konsumsi.

Jarak pulang pergi dari Perth ke lokasi, yakni Taman Nasional Nambung, sejauh 500 kilometer.

Caversham Wildlife Park menjadi tujuan pertama. Di sini turis bisa berinteraksi langsung dengan kanguru dan koala serta binatang khas Australia lainnya.

Lalu perjalanannya berlanjut ke Taman Nasional Nambung. Di sini turis diajak berkeliling dengan bus 4WD sekaligus bisa melakukan sand boarding di tengah gurun seluar 17.491 hektare.

5. Terbang dengan Pesawat Katak di Margaret River

Terbang dengan pesawat katak mengelilingi Swan River ke Margaret River juga ditawarkan menjadi kegiatan wisata petualangan di Australia Barat.

Tur ini yang diselenggarakan oleh Red Balloon AU ini berlangsung mulai pukul 09.00 sampai 16.00 dan hanya ada di hari Selasa, Kamis dan Sabtu.

Penumpang harus memiliki berat badan tidak lebih dari 120 kilogram dan telah berumur lebih dari 8 tahun untuk ikut dalam penerbangan selama 60 menit ini.

Lokasi penjemputannya ada di Perth Selatan. Biayanya sebesar AUD 795 (sekitar Rp8 juta) per orang dan sudah termasuk mencicipi wine dan makan siang di Margaret River.

6. Kayak dan Paddleboard di Margaret River

Red Balloon AU juga menyediakan wisata naik kayak dan paddleboard di kawasan Margaret River. Turis akan diajak menyusuri Taman Nasional Blackwood River.

Untuk kayak dikenakan biaya AUD 150 (sekitar Rp1,5 juta) per orang, sudah termasuk konsumsi.

Sementara biaya paddleboard AUD 79 (sekitar Rp800 ribu) per orang

7. Menyusuri Cable Beach

Cable Beach, di Broome di wilayah Kimberley Australia Barat adalah bentangan pasir putih sepanjang 22 kilometer dengan latar tebing kemerahan dan berbatas langsung dengan Samudra Hindia.

Turis dapat menunggangi unta di sepanjang pantai saat fajar atau senja. Di malam hari, turis dapat berburu potret bintang hingga menjelajah fenomena alam Staircase to the Moon (Tangga ke Bulan).

Fenomena Staircase to the Moon berlangsung antara Maret dan Oktober. Di masa itu turis dapat melihat fenomena alam yang diakibatkan oleh purnama di atas Roebuck Bay ketika ombak surut, menciptakan ilusi optik bagai anak tangga menuju bulan.

Bercuaca minimum 27 derajat dan maksimal 33 derajat Celcius, di Cable Beach ada Gantheaume Point Lighthouse, yang merupakan tempat mengamati lumba-lumba dan paus yang bermigrasi pada musimnya.

Comment

Leave a Reply

News Feed