by

6 Hal yang Wajib Diperhatikan Saat Pilih Sepatu Boots

-LIFESTYLE-79 views

Liputanviral – Sepatu bot alias boots identik dengan gaya yang maskulin. Namun, sepatu jenis itu kini banyak diminati oleh kalangan perempuan. Bot juga fleksibel digunakan dalam kegiatan apapun, baik kasual ataupun formal.

Seiring popularitasnya yang menanjak, orang-orang juga makin berani untuk tampil beda dan boyish dengan jenis sepatu ini.

Namun, agar tampilan makin sempurna, bot juga harus nyaman saat dipakai untuk menjaga kesehatan kaki. Berikut beberapa cara untuk memilih sepatu bot yang nyaman di kaki.

1. Ukuran yang tepat

Ukuran kaki bisa berubah mengikuti berat badan kita, sehingga ukuran sepatu yang dibeli sebelumnya belum tentu sama dengan ukuran sekarang. Ukurlah panjang lebar dan lengkungan kaki sebelum membelinya.

Ingat, lakukan pengukuran pada kedua kaki, karena kaki kanan dan kiri tidak selalu sama kemudian ikuti ukuran sepatu sesuai dengan kaki yang paling besar.

Sebaiknya membeli dan mencoba sepatu pada malam hari. Karena kaki akan membesar setelah seharian beraktifitas. Terakhir gunakan kaos kaki saat mencoba sepatu, memastikan bahwa memakai kaos kaki yang tebal Anda akan tetap nyaman memakainya.

2. Cari Insole yang nyaman

Insole adalah bagian dalam sepatu yang bersentuhan langsung dengan telapak kaki. Insole yang bagus dapat menyangga setiap bagian dari kaki namun tetap fleksibel mengkuti gerakan kaki. Saat mencoba sepatu, berjalanlah beberapa langkah agar Anda bisa merasakan kenyamanan saat bergerak.

Selain itu, berdirilah di ujung jari kaki untuk mengetahui apakah jari-jari kaki mempunyai cukup ruang untuk merenggang keluar atau malah terbentur di ujung dan atas sepatu. Kemudian, naikkan tumit seakan mau naik tangga untuk mengetes apakah tumitmu bergeser-geser di dalam sepatu. Bot yang bagus akan mencengkram tumit dengan pas agar Anda bisa berjalan dengan nyaman.

3. Cek dengan empat macam tes

Mengutip pernyataan Timberland yang diterima liputanviral, untuk memilih bot yang bagus, ada empat macam tes yang harus dilakukan.

Anda wajib mengetes fleksibilitas dari bagian luar dan atas boots karena akan memengaruhi kenyamanan. Pertama, menekuk toebox atau bagian depan sepatu dimana jari-jari berada, ke atas. Kedua, bot harus fleksibel untuk menekuk sedikit, tapi tidak sampai setengah sepatu.

Ketiga, periksa apakah ada penyangga untuk bagian lengkungan kaki dan terakhir selalu bilih boots yang mempunyai hak yang lebar dan tebal karena ini akan membantu menjaga keseimbangan.

4. Pilih bot yang tahan air

Bot adalah sepatu yang bisa digunakan untuk kegiatan apapun baik di dalam dan diluar ruangan. Untuk itu sebaiknya pilihlah bahan boots yang tahan air agar Anda dapat menggunakannya dalam keadaan dan cuaca apapun. Jahitan sepatu juga harus rapat untuk melindungi dari kaki basah dan lembap.

5. Lihat material dan bahan yang dipakai

Bot umumnya terbuat dari kulit, seperti full-grain atau nubuck, atau bahan sintetis, termasuk bahan berteknologi tinggi seperti Cordura yang tahan dari goresan. Jangan memilih bahan hanya karna sesuai dengan gaya fashion Anda, namun juga kesediaan Anda untuk merawat bahan tersebut.

Bot berbahan dari kulit harus dirawat dengan baik agar tidak kering dan pecah. Untuk Anda yang tidak pandai merawat kulit, sebaiknya memilih bahan sintetis karena mudah dirawat meskipun tampilannya tidak seelegan sepatu boots klasik.

Sebaiknya jangan memilih sepatu yang menggunakan bahan kasar, terutama bagian dalamnya, karena dapat menyebabkan kaki Anda lecet. Untuk itu pilihlah bahan yang kuat, nyaman dan lembut.

6. Periksa sol sepatu

Dikutip dari berbagai sumber, bot sering kali dipakai sebagai sepatu untuk berpetualang. Bagian ini sangatlah penting. Sebaiknya pilih sol sepatu yang keras dan lentur, agar dapat bertahan lama dan memberikan rasa nyaman yang lebih untuk Anda.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed