by

5 Manfaat Eceng Gondok untuk Kesehatan

-HEALTH-86 views

Liputanviral – Pemerintah Kota Jakarta Utara saat ini sedang menggalakkan penanaman eceng gondok di sungai, embung, dan waduk. Eceng gondok dianggap mampu menjadi solusi untuk menjernihkan air yang tercemar polutan di kawasan utara Ibu Kota tersebut.

Selain menjernihkan air, tumbuhan yang juga dikenal dengan nama water hyacinth ini juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Masyarakat di berbagai belahan dunia memanfaatkan eceng gondok untuk menyehatkan kulit, antiperadangan, hingga menurunkan berat badan.

Berikut manfaat dari eceng gondok, pemilik nama latin Eichhornia crassipes.

1. Menyehatkan kulit
Tumbuhan eceng gondok mengandung sifat antikmikroba, antijamur, dan antibakteri yang dapat mengobati banyak gangguan kulit.

Dikutip dari situs Hyacinth Heals, ekstrak daun eceng gondok dapat dicampur dengan tepung beras dan kunyit untuk mengobati penyakit kulit seperti eksim.

2. Antiperadangan
Di Filipina, eceng gondok dicampur dengan jus lemon untuk mengobati bisul bernanah. Racikan ini dianggap mampu menyembuhkan peradangan.

Ekstrak dari eceng gondok juga bisa digunakan untuk menyembuhkan radang tenggorokan dan telinga. Ada pula yang menggunakan racikan eceng gondok sebagai penawar gigitan ular berbisa.

3. Memperlancar pencernaan 
Eceng gondok juga bisa membuat sistem pencernaan lebih lancar. Pengobatan tradisional China menggunakan racikan tumbuhan hyacinth ini untuk menjaga kesehatan limpa. Obat herbal ini juga dipercaya mengatasi diare, mual, cacing di perut, dan kembung.

Batang tanaman eceng gondok juga dapat digunakan untuk mengobati kolera. Gejala seperti mual dan muntah bisa dikurangi dengan mengonsumsi eceng gondok.

4. Laktasi 
Di Kenya, beberapa suku menggunakan ramuan eceng gondok untuk memperlancar air susu ibu (ASI). Mereka merebus daun eceng gondok lalu mengonsumsinya.

Selain itu, eceng gondok dipercaya dapat membantu para perempuan yang mengalami menstruasi tidak teratur.

5. Menurunkan berat badan
Dikutip dari Dr Health Benefits, salah satu manfaat eceng gondok adalah menjaga berat badan seimbang. Eceng gondok mengandung serat yang tinggi sehingga dapat menurunkan berat badan dan mencegah dari obesitas.

Selain itu eceng gondok juga memiliki sifat hipokolesterolemia yang mampu mengontrol kolesterol dalam darah.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed