by

5 Cara Alami Ini Dapat Menyembuhkan Sariawanmu dengan Cepat, Coba Aja!

-HEALTH-108 views

Liputanviral – Sariawan dapat disebabkan karena menurunnya kondisi kekebalan tubuh. Bibir atau lidah yang tergigit sedikit saja dapat memicu timbulnya sariawan.

Sariwan memang sangat mengganggu. Umumnya, sariawan dapat sembuh dalam waktu satu sampai dua minggu. Namun, ada lima cara alami yang dapat membantu mempercepat kesembuhan sariawan lho. Berikut ini lima cara alami tersebut!

1. Berkumur dengan air garam

Garam salah satu bahan alami yang dapat menarik cairan pada luka sariawan. Caranya cukup mudah, larutkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat, berkumurlah satu sampai dua menit. Lakukan proses ini 3-4 kali sehari.

2. Mengoleskan yogurt

Cara alami yang kedua adalah dengan mengoleskan yogurt ke sariawan langsung, sekitar 5-10 menit, kemudian dibilas dengan air. Pilihlah yogurt yang tanpa gula atau tanpa campuran bahan apapun. Yogurt juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

3. Irisan Bawang Putih

Bawang putih mempunyai banyak manfaat. Selain sebagai bumbu dapur, bawang putih juga ternyata bisa menyembuhkan sariawan lho. Caranya cukup mudah, bawang putih yang sudah dicuci bersih kemudian diiris kecil-kecil, lalu tempelkan tepat pada sariawannya. Memang cukup perih, tapi tahan ya demi cepat pulih.

4. Mengompres dengan es batu

Suhu dingin yang berasal dari es batu dapat memperlambat aliran darah menuju sariawan. Oleh karena itu, es batu mampu mengurangi rasa nyeri dan pembengkakan yang terjadi. Tempelkan bongkahan es batu pada sariawan, tunggu hingga es batu meleleh.

5. Memakan sayur dan buah yang banyak mengandung vitamin C

Sayuran serta buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Buah dan sayuran tersebut seperti jeruk, apel, kacang merah, wortel dan masih banyak lagi. Serta jangan lupa untuk memperbanyak minum air putih.

Nah itulah lima cara alami untuk mempercepat kesembuhan sariawan. Silahkan dicoba.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed